Sistem Informasi Teknologi Pertanian

Jumat, 24 September 2010

|
1. Sistem Informasi :

Sistem Informasi Teknologi Pertanian




2. Bagian-bagian yang terkait

    a) Peneliti Pertanian
    b) Humas
    c) Pengelola Web
    d) Penyuluh Pertanian
    e) Petani/Masyarakat




3. Cara Kerja dan Fungsi

   a) Peneliti Bekerja di laboratorium untuk mendapat teknologi baru dibidang pertanian contohnya  menghasilkan varietas padi berumur pendek, teknologi tersebut berfungsi untuk meningkatkan produksi padi petani.

   b) Humas berfungsi sebagai penerjemah bahasa teknologi menjadi bahasa yang umum dan mudah dipahami oleh semua kalangan masyarakat, khususnya petani. Bagian ini melakukan pencetakan buku, leaflet, dan media informasi lainnya termasuk bahan informasi yang akan di upload pengelola web di internet.

   c) Pengelola web pertanian juga berfungsi sebagai media informasi teknologi ini, bahan informasi yang di dapat dari bagian humas kemudian di upload agar dapat di akses secara mudah oleh penyuluh, masyarakat ataupun petani.

   d) Penyuluh merupakan bagian terpenting dalam sistem informasi ini, bagian ini melakukan sosialisasi teknologi pertanian langsung ke petani, dengan berbagai bahan informasi baik berupa buku ataupun yang didapatkan di website pertanian.

   e) Dalam bidang pertanian ini, petani berfungsi sebagai stake holder. Petani mendiseminasikan teknologi tersebut, yang pada akhirnya dengan umur tanam padi pendek dalam setahun petani akan panen lebih dari biasanya sehingga dapat meningkatkan produksi padi. Dengan demikian kebutuhan pangan di negeri ini akan tercukupi.




Nama : Arlan Widiantara
NPM : 31110123
Kelas : 1DB11

0 komentar:

Poskan Komentar

Gunadarma University

Gunadarma University
UG

Visitors

free counters

Followers

CBox

Diberdayakan oleh Blogger.
 

twitter

Lorem

Ipsum

Dolor